Senin, 23 Januari 2017

Inilah Tempat-Tempat Yang Dipercaya Paling Angker dan Misterius di Jakarta



Seperti kita ketahui bahwa tempat-tempat angker banyak terdapat ditiap sudut lokasi, dari dusun dan desa hingga ke kota megapolitan besar seperti Jakarta.

Jakarta yang megah dengan gedung-gedung pencakar langitnya tak luput pula oleh cerita, mitos dan legenda tentang tempat-tempat angker yang ada disudut-sudut kotanya.

Khususnya Jakarta, tempat-tempat angker memang banyak bertebaran di pelosok kota, mulai dari gedung-gedung tua, gedung musium, rumah sakit, sekolahan, gedung perkantoran hingga sungai serta tempat pemakaman bahkan jalan-jalan rayanya yang ramai juga tak luput dari suasana mistis yang telah melegenda.

Legenda tempat-tempat angker di Jakarta tidak hanya dari masa lalu, namun juga ada yang baru, misalnya adanya suatu peristiwa mengenaskan dimasa kota ini sudah menjadi kota yang besar.

Namun bagaimanapun juga, Jakarta yang sudah ramai 24 jam dan juga sebagai kota terbesar di Asia Tenggara ini, dulunya tetap saja hanyalah sekumpulan kampung-kampung kecil. Namun dari masa lalu itulah, legenda-legenda mistis kadang mulai berawal.


Legenda itu terus berjalan dari generasi ke generasi, baik itu melalui cerita, buku dan juga media. Berikut adalah tempat-tempat angker khusus daerah ibukota Jakarta:

1. Yogya Departement Store, Klender


Gedung ini dikatakan angker karena pernah terjadi kematian masal di dalam gedung yang berada di daerah jakarta Timur ini. Peristiwa tersebut terjadi saat tragedi reformasi 1998, tepatnya pada tanggal 15 Mei 1998 yang terkenal dengan peristiwa Tragedi Mei atau Mei Kelabu.

Saat peristiwa rusuh ditahun 1998 itu, konon gedung ini sengaja dibakar. Padahal pada saat itu pula, masih banyak yang belanja dan masih banyak karyawan di dalamnya.

Kerusuhan ini tidak murni karena inginnya reformasi, namun juga karena adanya kesenjangan sosial. Jadi menurut saksi mata, kalangan bawah tak suka dan iri kepada orang-orang kaya yang belanja di mall. Oleh karenanya, mereka membakar hampir semua mall yang ada di kawasan itu termasuk Yogya Department Store ini.

Saat itu, mereka para korban malah tak berani untuk keluar dari gedung saat mulai dibakar. Karena mereka takut nantinya justru dikeroyok massa, diperkosa atau bahkan dibunuh.

Lalu mereka mencoba untuk bertahan dan mengharapkan ada pintu dan jalan keluar dari arah belakang mall. Tapi dugaan mereka meleset, dan merekapun terjebak oleh api yang mengelilingi lokasi mereka, lalu ikut terbakar.

Sejak itu, suatu malam yang berselang tiga hari dari waktu kejadian, sering terlihat kerumunan orang yang berseragam seperti pegawai departemen store yang hendak menunggu angkutan umum, tapi bila dilihat dengan jelas yang tampak hanyalah pemandangan malam yang sepi.

Seorang saksi bernama John Hendrik asal Sumatera Utara menuturkan, dirinya pernah diceritakan oleh salah satu temannya yang sopir metromini 506 jurusan Pondok Kopi-Kampung Melayu, yang melintas jalan di depan Yogya Plaza.

“Teman saya cerita, dia bilang di daerah Buaran itu banyak penumpang yang naik, bahkan metromininya langsung penuh. Saat itu dia biasa aja dan tidak ada perasaan apa-apa,” ingatnya.

“Nah pas, sampai di Yogya (Department Store – pen.), koq penumpangnya pada turun semua dan masuk ke dalem. Di situ dia mulai ketakutan, saat penumpang udah pada turun semua dia langsung ngebut ketakutan. Terus pas dia minta duit sama kondekturnya, itu duit koq jadi daun semua? Kondekturnya juga bengong. Hiiii, dari situ dia enggak berani narik lagi,” tambahnya.

Kesaksian lain diceritakan oleh Yanto, seorang pemuda yang kehilangan sang Ayah dalam peristiwa nahas itu. Yanto mengatakan, saat itu Ayahnya sedang mencarinya untuk mengajak pulang, dan melarangnya untuk menjarah. Namun nahas, ia yang saat itu hanya menonton terkejut ketika mendapatkan kabar ayahnya pergi ke tempat yang sama.

“Bokap gue itu sampai tiga hari belum ketemu juga jenazahnya. Waktu itu siang-siang ada pemulung lagi mulung depan rumah. Pas ketemu gue, dia bilang ada yang nyariin kamu di lantai 3 mal Yogya, posisinya pas di samping tangga jalan,” kisahnya.

Mendengar itu, Yanto merasa kebingungan terhadap ucapan pemulung itu. Dia mencoba meyakinkan dengan menemuinya kembali, namun pria itu menghilang. Yanto mengaku, tidak pernah melihat kembali sosok pemulung itu.

“Ya udah, pas itu gue inget bokap. Terus gue pergi ke Yogya, di sana emang udah ada abang gue lagi nyari jenazah bokap. Pas gue bilang sama abang gue, terus dia nyari sama orang yang evakuasi, beneran ada, bokap ketemu di lantai tiga di bawah tumpukan. Cirinya itu jam tangan yang dipakai masih utuh dan enggak kebakar sama sekali,” ceritanya.

Sempat berembus kabar juga bahwa beberapa hari setelah diresmikannya mall itu, sempat sepi karena cerita mistis yang menghampiri setiap orang yang sedang berbelanja, dikerjai mahluk halus. Begitu kuatnya peristiwa ini dibenak warga Jakarta, apalagi dibenak keluarga para korban membuat peristiwa ini masih dikenang dan tiap tahunnya diadakan acara tabur bunga.

2. Rumah Pondok Indah Jakarta


Karena selalu kosong selama puluhan tahun, maka rumah ini konon adalah tempat makhluk astral berkumpul dan mempunyai daya tarik kuat dan menurut mitos kalau ada yang memasuki rumah itu maka orang itu kadang tidak akan pernah kembali lagi.


Masih ingat ramainya pembicaraan di akhir September 2002 tentang hilangnya seorang tukang nasi goreng di depan rumah kosong ini? Kejadian ini jadi menghebohkan karena di depan rumah tersebut hanya tertinggal gerobak nasi gorengnya.

Konon katanya, malam sebelum hilang tukang nasi goreng tersebut hendak mengantar nasi goreng yang dipesan oleh seorang perempuan ke dalam rumah. Namun, ia tak pernah keluar lagi.

Dahulu kala, dirumah itu pernah tinggal sebuah keluarga. Suatu hari mereka beserta pembantunya di bantai oleh sekawanan perampok. Semuanya meninggal dunia.

Ada yang bilang motifnya persaingan bisnis. Perampokan itu hanya kedok. Setelah beberapa hari kejadian, mulai banyak kejadian aneh-aneh di rumah itu dan semakin angker.

Menurut cerita yang beredar lainnya, banyak supir taksi yang lewat situ diganggu. Ada juga yang cerita, menjelang subuh atau habis magrib suka terlihat anak kecil main basket di lapangan parkir.

Rumah itu kini ditumbuhi alang-alang, terlihat tak terawat di siang hari. Jika malam hari, terkadang ada yang melihat rumah itu jadi bagus kelihatannya.

Setelah direnovasi, rumah itu sempat disewakan, dan jika ada yg mencoba utk menempatinya maka penghuninya akan dihantui terus menerus dan pasti akan dibuat tak betah di rumah itu. Kejadian ini sempat beberapa kali terjadi, bahkan beberapa keluarga “bule” yang menyewa dan tak percaya hal gaib ternyata juga tak betah.

Sekitar tahun 2002, Nurdin (32), penjual gulai dan soto di sekitar Pondok Indah, mengaku pernah melihat hantu yang menyerupai bapak-bapak hilir-mudik di halaman depan rumah ini.

Namun, akhir-akhir ini sudah tidak banyak kejadian horor lagi yang dilaporkan terjadi di rumah ini. Bahkan beberapa waktu lalu, rumah ini sempat dijadikan tempat bermalam para tunawisma. Selain itu, kisah urban legend ini akhirnya dibuat ke dalam sebuah film yang kontroversial

Awalnya film ini mempunyai judul yang sama seperti julukan legendarisnya Rumah Pondoh Indah, tapi judul itu justru membuat warga Pondoh Indah merasa keberatan dan akhirnya judulnya pun diganti menjadi Rumah Berhantu.

3. TPU Jeruk Purut


Jeruk Purut dikatakan angker karena makam ini termasuk salah satu makam tua dan sudah ada sejak zaman Belanda yang dulunya adalah hutan alang-alang dan perkebunan. Konon TPU ini terkenal angkernya oleh penampakan sosok seorang Belanda yang berwujud Hantu Pastur.


Makhluk astral itu menampakkan dirinya dengan busana kepasturan dan berlajan pelan disepanjang jalan di kuburan itu sambil membawa kepalaya sendiri yang sudah terpenggal. Sedangkan tangan satunya memegang sebuah lentera minyak dan penampakannya juga kadang ditemani oleh seekor anjing berwarna hitam.

Pada larut malam hingga awal tahun 90-an pun, kawasan ini masih sepi dan gelap. Pernah dikisahkan, seorang pemuda sedang dalam perjalanan pulang dengan mobilnya melewati kawasan yang masih sepi dan gelap ini setelah mengisi akhir pekannya dilarut malam menjelang subuh.

Tiba-tiba ia melihat dari kejauhan ada sosok berdiri ditengah jalan dengan lampu yang redup, sang pemuda pun berusaha memperlambat mobilnya, namun anehnya mesin mobilnya justru mati dengan sendirinya. Setelah hanya beberapa meter dari sosok itu, tiba-tiba seekor anjing menyebrangi pas didepan mobilnya dengan cara melayang diatas aspal.

Masih dengan pandangan aneh dan bingung, lalu sang pemuda kembali melihat sosok orang yang sedang membawa lampu minyak dengan nyala yang redup itu.

Sontak kaget bukan kepalang, ketika sang pemuda melihat sosok tersebut tanpa kepala dan justru makhluk astral itu sedang memegang kepalanya sendiri dengan cara menjambak rambutnya. Sang pemuda pun pingsan.

Pemuda itu baru sadar setelah kaca mobilnya digedor-gedor sekelompok warga. Setelah siuman ia kaget lagi karena hari telah pagi dan orang-orang sedang sibuk masuk kerja, ia dan mobilnya yang berhenti ditengah jalan ternyata telah membuat jalanan tersebut macet.

Lalu mobilnya dibantu didorong oleh sejumlah warga sekitar, lalu pemuda itupun menceritakan pengalamannya tersebut kepada warga yang telah berkumpul. Dari legenda ini diceritakan bahwa sang Pastur tersebut meninggal dibunuh entah kenapa dengan cara dipenggal pada zaman penjajahan Belanda.

Pada saat ini, kawasan tersebut sudah ramai oleh perumahan, kantor dan apartemen, jalanannya pun telah lebar dan terang benderang dimalam hari, maka legenda ini pun berangsur redam.

Namun sejak tahun 90-an hingga kini kawasan ini kadang tetap dikunjungi oleh warga terutama anak muda dari jauh akibat peristiwa-peristiwa mistis sejak zaman dahulu itu.

Mereka kesana hanya untuk sekedar ingin mencoba nyalinya dan ingin mengetahui suasana di dalam kompleks pemakaman tersebut. Untuk mencegah hal ini, maka dibuatlah portal di pintu masuk areal pemakaman untuk menghindari kelompok anak-anak muda yang penasaranakan legenda ini.

Akhirnya legenda lama di kawasan Jakarta Selatan yang pada dahulunya jarang yang mengetahuinya ini dibuat juga ke dalam sebuah film dengan judul Hantu Jeruk Purut.

Onebetqq.com Agen Bandar Poker | Bandar Poker | Bandar Poker Online | Domino 99 | BandarQ Terpercaya
Sumber: https://indocropcircles.wordpress.com/2012/11/09/tempat-paling-angker-se-jakarta/

0 komentar:

Posting Komentar