Kamis, 29 Desember 2016

5 Kisah misteri gunung di Indonesia ini bikin kamu merinding!


Belakangan ini gunung-gunung di Indonesia semakin ramai dengan kehadiran para pendaki. Peralatan yang semakin murah dan efek media sosial merupakan beberapa penyebab kenapa mendaki gunung menjadi sesuatu yang hits.

Padahal, hampir setiap gunung yang ramai didaki itu menyimpan kisah misteri yang susah dilogika. Namun hal itu sepertinya tak membuat ciut nyali para pendaki.

Seperti kelima kisah dari lima gunung di bawah ini. Percaya nggak percaya, berikut 5 kisah misteri gunung di Indonesia yang brilio.net kumpulkan dari berbagai sumber. Jangan baca sendirian ya!


1. Misteri kabut hitam gunung Sindoro

Ada cerita yang berbau mistis mengenai gunung Sindoro. Salah satunya yaitu kabut yang sering menyelimuti kawasan tersebut. Kabut yang sering disebut dengan sebutan 'Pedhut' itu ternyata ada dua jenis. Kabut berwana putih dan hitam. Kabut putih hampir setiap hari muncul dan sering menyelimuti badan hingga puncak gunung.

Sedangkan kabut hitam ini sering muncul di kawasan dekat puncak atau di wilayah tanaman vegetasi di Sindoro. Konon menurut masyarakat sekitar gunung Sindoro, kabut yang hitam itu biasanya muncul tiba-tiba dan tidak lama, tapi sering membuat pendaki tersesat atau kebingungan untuk mencari jalan.

2. Misteri makhluk kerdil di gunung Slamet.

Konon di jalur Guci pendakian gunung Slamet terdapat makhluk kerdil yang dahulunya adalah manusia yang tersesat ketika sedang mendaki. Makhluk kerdil tersebut awalnya mencoba bertahan hidup dengan memakan dedaunan seperti hewan, tetapi seiring berjalannya waktu makhluk kerdil itu kehilangan jati diri manusia karena terlalu lama hidup seperti hewan. Makhluk kerdil tersebut suka bersembunyi karena takut jika bertemu pendaki.

Meskipun makhluk kerdil takut kepada manusia, namun apabila pendaki mendirikan tenda di sekitar Plawangan dan meninggalkan makanan di depan tenda maka makhluk kerdil ini akan mengambil dan memakan tanpa sempat disadari oleh para pendaki.

3. Benteng tak kasat mata gunung Halimun.

Gunung Halimun terletak di sebelah timur dari Gunung Salak, perbatasan antara Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Lebak. Konon katanya, di sekitar wilayah ini terdapat benteng-benteng milik Prabu Siliwangi yang tidak kasat mata dan dijaga oleh ratusan harimau Sang Prabu.

Misteri Gunung Halimun ini tidak lepas dari sejarah kehancuran Kerajaan Siliwangi yang diserang Kesultanan Banten. Karena mengalami kekalahan sisa-sisa pasukan kerajaan Siliwangi melarikan diri, laskar perang bubat melarikan diri ke Gunung Salak dan punggawa Siliwangi melarikan diri ke Gunung Halimun.

4. Pasar gaib gunung Merapi

Cerita mistis di gunung Merapi yang satu ini memang paling dikenal di kalangan para pendaki. Di gunung berapi teraktif di Indonesia ini, ada satu lokasi yang dikenal mistis, yakni Pasar Bubrah. Jaraknya yang hanya satu kilometer sebelum puncak, menjadikan tempat ini sebagai favorit bagi para pendaki untuk bermalam. Mereka biasanya bermalam sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak atau sekadar menungu matahari terbit esok hari.

Tak jarang orang yang bermalam di Pasar Bubrah mengalami hal mistis, seperti mendengar suara-suara orang bertransaksi atau mendengar suara gamelan di malam hari. Konon salah satu pendaki pemula pernah membeli sebuah pisang di lokasi ini. Padahal kenyataannya tak pernah ada warung berjualan di Pasar Bubrah.

5. Hantu wanita Ranu Kumbolo, Semeru.

Di balik keindahannya, Ranu Kumbolo ternyata juga menyimpan kisah misteri yang beredar luas di kalangan masyarakat sekitar dan para pendaki. Ranu Kumbolo juga dikenal sebagai tempat istirahat para pendaki sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak mahameru.

Konon para pendaki yang berkemah disini seringkali melihat sosok hantu wanita di tengah Ranu Kumbolo. Di tengah danau yang jernih ini pada malam bulan purnama sering muncul sosok penampakan yang diyakini sebagai dewi penunggu Ranu Kumbolo. Penampakan itu sering muncul berupa kabut tebal yang berkumpul lalu menjadi sesosok wanita.
.
Onebetqq.com Agen Bandar Poker | Bandar Poker | Bandar Poker Online | Domino 99 | BandarQ Terpercaya
Sumber : https://www.brilio.net/serem/5-kisah-misteri-gunung-di-indonesia-ini-bikin-kamu-merinding-160611z.html

0 komentar:

Posting Komentar